Dalam
sehari, hanya dari satu perusahaan saja (Philip Morris), kaum muslim
menyumbang $9.6 juta ke Israel. Belum lagi produk2 lainnya. perekonomian mereka bisa kita hancurkan menjadi negara lemah dengan memboikot (tidak membeli) produk-produk mereka.
Penjelasan lebih lengkap ttg produk Zionis plus afiliasinya di Indonesia ada di sini:
BOIKOT TERUS PRODUK ISRAEL DAN SEKUTUNYA
Semenjak
seruan boikot produk Yahudi-Amerika kembali digaungkan di seluruh dunia
Islam, Innovative Minds (inminds) menjadi salah satu rujukan banyak
kaum Muslim untuk melihat daftar produk boikot. Inminds. adalah sebuah
unit usaha perangkat lunak yang berspesialisasi dalam penggunaan
internet dan teknologi multi-media untuk majukan Islam. “Kami adalah
organisasi yang mandiri, tidak mendapat dukungan keuangan dari sumber
mana pun,” ujarnya dalam salah satu situs web nya. Sejak dimunculkan
pertama kali tahun 1999, situs asal Inggris kini telah menjadi rujukan
dalam urusan daftar boikot. Di bawah ini beberapa produk daftar boikot
keluaran inminds. (www.inminds.co.uk) dan kelola oleh
www.hidayatullah.com. Sebagian ada yang tidak masuk, tapi ada daftar
baru, diantaranya daftar produk yang baru masuk adalah klub sepak bola
Arsenal.
Coca-Cola
Sejak
tahun 1966, Coca-Cola telah setia menjadi pendukung utama
Zionis-Israel. Tahun 1997, Delegari Misi Ekonomi Israel memberikan
kehormatan Israel Trade Award pada Coca-Cola dan Direktur perusahaan
minuman itu, Roberto Goizueta, di acara jamuan makan malam atas bantuan
dan kesetiaanya selama 30 tahun dan dianggap ikut menolak seruan Liga
Arab dalam seruan memboikot Israel.
Tahun
2001, markas besar minuman Coca-Cola, menjadi tuan rumah dan sponsor
utama the American-Israel Chamber of Commerce Awards Gala.
Coca-Cola
Israel telah menjadi sponsor program-program pelatihan untuk para
pekerjanya dengan subyek konflik Arab-Israel. Program pelatihan itu
diciptakan oleh sebuah badan yang dibiayai oleh agen Yahudi dan Israel.
Pada
Februari 2002 bekerja sama dengan “friend of Israel” dan Coca Cola
menjadi sponsor ceramah oleh tokoh Zionist Israel Linda Gradstein di
Universitas Minnesota.
Bulan
Pebruari 2002, Coca-Cola telah bersekutu dengan “Friend of Israel” dan
Nasional Hillel untuk menjadi co-sponsor kuliah yang diberikan oleh
wartawan dan penulis pendukung Zionisme,
Atas
perannya yang sangat besar terhadap ambisi Israel, tahun 2002,
Coca-Cola mengumumkan membangun pabrik di atas tanah milik Palestina
yang dirampas oleh Israel. Tanah di Kiryat Gat untuk pendirian pabrik
Coca-cola ini sebagai imbalan atas sumbangan bernilai jutaan dolar yang
diberikan oleh Coca-cola. Besarnya sumbangan Coca-cola ini sangat
ditopang oleh tingginya angka penjualan produk-produk Coca-cola, serta
banyaknya produk yang mereka hasilkan.
Pada bulan Oktober 2005, Coca-Cola dan peningkatan investasi di Israel oleh membeli 51 persen pada pengendalian Tavor Winery.
Produk yang masih berafiliasi dengan Coca Cola adalah; Dr Pepper, Fanta, Fruitopia, Kia Ora, Lilt, Sprite, Sunkist dan Schweppes
Johnson & Johnson
Tahun
1998, wakil perusahaan Johnson & Johnson, Roger S. Fineon
mendapatkan penghargaan Jubilee Award dari Perdana Menteri (PM) Israel,
Benyamin Netanyahu. Ini adalah penghargaan tertinggi yang pernah
diberikan oleh Israel terhadap individu, organisasi, melalui hubungan
perdagangan dan investasi, serta dianggap ikut memperkuat ekonomi
Israel.
Satu perusahaan dengan Johnson & Johnson yang produknya banyak dipakai di Indonesia adalah Nestle.
Nestlé
Perusahaan
ini lahir di akhir abad 19 di Swiss. Didirikan oleh Henri Nestlé,
seorang ahli kimia Jerman yang berdomisili di Vevey. “Nestlé” berarti
sarang burung kecil (little nest). Logo itu menjadi lambang rasa aman,
kasih sayang, kekeluargaan dan tradisi.
Perusahaan
Nestlé terus mengembangkan produk-produknya dan kemudian menjadi
pelopor beberapa produk seperti susu kental di Eropa tahun 1905, susu
coklat tahun 1929, kopi instant tahun 1938 dan lain-lain.
Di
Indonesia Nestlé dikenal dengan sebutan “Tjap Nona” (sekarang “Nestlé
Milkmaid“). Kantor pusat Nestlé di Swiss, Nestlé S.A., bersama sejumlah
mitra lokal mendirikan anak perusahaan di Indonesia pada bulan Maret
1971. Saat ini PT.Nestlé Indonesia mengoperasikan tiga pabrik yang
berlokasi di daerah Tangerang (Banten), Panjang (Lampung), dan Kejayan
(Jawa Timur). Beberapa merek produk Nestlé yang dipasarkan di Indonesia
antara lain : susu bubuk Nestlé Dancow, kopi instant Nescafé, Nestlé
Milo, Nestlé Bubur Bayi, Kit Kat, Polo, permen FOX, susu Dancow, Maggie
dan Susu Cap Nona.
REVLON
Catatan
Forbes, sang pemodal dan milyader perusahaan itu, Ronald Perelman,
adalah seorang Zionis. Juga pemilik dunia hiburan dan Forbes. Dia
dikenal pendukung utama Zionis. Paham dari Yahudi yang sangat anti
–Islam. Ia juga anggota The Simon Wiesenthal Center , kelompok Zionisme
ternama di dunia dan kerap mempromosikan Israel.
The Limited Inc
Para
pendiri, presiden dan CEO Les Wexner adalah seorang Zionis. Dia
merupakan Dewan Direktur Emet, saya media “pro-Israel” yang berfungsi
memastikan bahwa semua media di Amerika tetap bias dan “membela” Israel.
Emet, adalah sebuah kelompok bisnis Amerika dan berisi politisi
pro-Israel melalui “perang media” di Washington, D.C. “Emet” dalam
bahasa Ibrani berarti “kebenaran”.
Satu
group dengan sayap bisnis ini adalah; Structure, Victoria’s Secret,
Bath & Body Works, Intimate, Lerner New York, The White Barn Candle,
Express, Henri Bendel, NY & Company, Mast Industries
Marks & Spencer
Lahir
dari M & S dan punya hubungan deekat dengan Zionisme. Bahkan dalam
sebuah buku tentang sebenarnya di buku M&S, Sir Marcus Sieff,
Chairman M&S menulis bahwa salah satu tujuan pokok M&S akan
membantu perkembangan ekonomi Israel (Management: The Marks &
Spencer Way, Weidenfield & Nicolson, 1990). M&S mendukung Israel
dalam bentuk dagang sekitar $233 juta pertahun (Jerusalem Report, 5
Juni 2000).
Nokia
Nokia
memang bukan produk Amerika. Asli produk Finlandia. Kantor pusatnya
berada di kota Espoo, Finlandia. Perusahaan ini paling dikenal lewat
produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam
untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA
(UMTS). Tapi perusahaan ini sudah berinvestasi di Israel. General
Manager Nokia Lars Wolf mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The
Jerusalem Post, 4 Maret 2001: “Kami benar-benar berfokus pada Israel
dari semua sudut pandang, karena kami memiliki proyek internal bernama
‘Project Israel’ yang berarti Yang berarti kami sedang memandang Israel
dari perspektif jaringan, dari perspektif pengaturan usaha Nokia (Nokia
Ventures Organization), dan juga dari perspektif pusat penelitian Nokia
(Nokia Research Center ).
Desember
2000, Nokia Venture Partners, cabang dari Nokia Venture organization
mengucurkan dana sebesar 500 juta dolar dan menyalurkan sebagian dari
dana itu kepada perusahaan-perusahaan Israel.
Berdasarkan
data penjualan Nokia 2006, Indonesia dan India merupakan negara yang
memiliki pangsa pasar Nokia terbesar dari 10 negara pasar Nokia di
dunia.
Tahun
2007 lalu, Country Manager Nokia Indonesia Hasan Aula pernah menyatakan
optimismenya terhadap penjualan Nokia di Indonesia.
Time Warner Inc
Time
Warner Inc. dikenal sebagai perusahaan raksasa media dunia dan
konglomerat hiburan lewat kapitalisasi pasar. Kantor utama Time Warner
Center berada di New York City. Wakil Direktur AOL Time Warner , Kenneth
Novack pernah terang-terangan mengaku, bahwa menanam modal dan
bekerjasama dengan Israel adalah sesuatu yang sangat menguntungkan.
“Kita
menanam modal dalam Israel sebab Israel sebuah investasi yang besar,”
ujarnya. Ia juga mengatakan, “tenaga kewiraswastaan orang Israel secara
ekstrem sangat menguntungkan,” tambah Kenneth.
AOL
telah mengalokasikan 30% portfolio investasinya di Israel. Selama 10
tahun terakhir, AOL melakukan investasi lebih dari 500 juta dolar ke
Israel. Ikut memborong perusahaan Israel, Mirabilis. Atas kesetiaannya
dengan Israel, Tahun 1998, Ted Leonsis, CEO dari AOL studios juga ikut
mendapat penghargaan The Jubilee Award dari Perdana Menteri (PM) Israel,
Benyamin Netanyahu.
Pada
2001 AOL bersama dua perusaahan Amerika lainnya (IBM dan News
corporation- Rupert Murdock) mendapat penghargaan dari the
Amerika-Israel Friendship League.
Satu
group dengan AOL : TIME Magazine, Life Magazine, Time-Life Books, CNN
(TV Network), Warner Bros dan ICQ (Internet chat program)
IBM
International
Business Machines Corporation (disingkat IBM) adalah sebuah perusahaan
AS yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak
komputer. IBM didirikan 15 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat
di Armonk, New York, AS. Perusahaan ini juga dikenal memiliki hubungan
dekat dengan Israel. Memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari 170
negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia.
Awalnya,
agen tunggal IBM di Indonesia adalah PT Usaha Sistem Informasi Jaya
yang merupakan patungan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan para
karyawan senior. Namun IBM memutuskan keluar dari Indonesia karena
aturan yang melarang perusahaan asing beroperasi di Indonesia tanpa
memiliki partner lokal pada tahun 1970-an.
Salah
satu proyek terkenal PT Usaha Sistem Informasi Jaya adalah pemugaran
Candi Borobudur di Jawa Tengah. Kantor pusat PT Usaha Sistem Informasi
Jaya terletak di Jakarta Selatan.
Di
Indonesia PT Usaha Sistem Informasi Jaya memiliki beberapa anak
perusahaan, di antaranya PT Mitra Integrasi Komputindo dan PT Jasa
Teknologi Informasi.
Senior
Vice President IBM, Ricciardi Lawrence, dalam sebuah wawancara dengan
Koran Israel, the Jerusalem Post mencatat, bahwa perusahaan ini telah
mempekerjakan 1700 orang Yahudi-Israel. IBM merupakan tiga dari
perusahaan yang dipuji dalam acara malam penghargaan demokrasi the
American – Israel Friendship League (AIFL), 25 Juni tahun 2001 yang
diselenggarakan Ariel Sharon. Seorang jenderal pambantai Shabra dan
Satila, Palestina.
Misi
AIFL adalah meningkatkan hubungan saling menguntungkan antara dua
negara Amerika- Israel (khususnya Israel) menyangkut demokrasi dan
kontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan, kesehatan, pendidikan,
teknologi, pertahanan, seni dan budaya.
L’Oreal
Dianggap
menjadi “sahabat” dekat Israel dan telah terlibat dagang dan investasi
besar-besaran di Negara Yahudi itu. Konggres Yahudi Amerika telah
menyatakan ‘kepuasannya’ dengan perusahaan ini yang disebutnya sebagai
‘teman hangat’ bagi Israel.
L’Oreal
telah menetapkan Israel sebagai pusat perdagangan di Timur Tengah dan
telah meningkatkan investasi dan manufaktur mulai dari kegiatan produksi
yang baru didirikan di Migdal Haemek, bersama untuk penelitian dan
proyek-proyek pembangunan dengan afiliasi Israel, serta kampanye
pendidikan dan pelayanan publik.
Masih
satu group adalah; Giorgio Armani, Lancome, Biotherm, Garnier, Helena
Rubinstein, Donna Karan, Vichy, Cacharel, Maybelline, Redken, La
roche-posay, Carson
Danone
Tahun
1998, Franck Riboud, yang berkebangsaan Israel, atas nama perusahaan
Danone menerima penghargaan Jubilee Award yang diberikan oleh Perdana
Menteri (PM) Israel Benyamin Netanyahu. Ini adalah penghargaan tertinggi
yang pernah diberikan oleh Israel dalam pengakuan orang-orang, individu
dan organisasi, yang dianggap memiliki hubungan perdagangan dan
investasi dan dianggap memperkuat ekonomi Israel. Danone Institute,
sudah didirikan di Israel sejak Juli 1998.
Danone
dikenal memiliki banyak merk air kemasan di seluruh dunia. Di Asia
dengan merk Yili, di Indonesia Aqua , di China ada Wahaha . Tahun 1998,
AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) resmi bergabung
dengan Danone.
Saat
ini komposisi pemegang saham Aqua, 90,99% dikuasai PT Tirta Investama.
Sedangkan pemegang saham publik hanya 9,01%. Sementara itu Danone
mengusai sekitar 60% lebih saham PT Tirta Investama.
Masih satu group dengan Danone adalah minuman isotonik berupa kemasan plastik (PET). Namanya, MIZONE.
Setelah
sukses mengakuisisi Aqua, Danone mengambil alih mayoritas saham Sari
Husada dan Nutricia Indonesia. PT Danone Indonesia (DI). Danone Groups,
juga mengembangkan pasar biscuit melalui Danone Global Biscuit yang
kesohor dengan produk biskuit dan sereal. Selama ini memegang pangsa
terbesar (15 persen) di pasar dunia. Termasuk biscuit yang sangat
disukai anak-anak Oreo dan Ritz. Makanan ini sudah begitu populer di
berbagai negara, seperti; Indonesia, China, Malaysia dan Singapura.
Selain itu, produk Kraft nya juga beredar di 155 negara lainnya. Kraft
pernah digolongkan sebagai industri makanan kedua terbesar di dunia
setelah Nestle.
McDonald’s
McDonald’s
merupakan jasa waralaba siap saji terbesar di dunia. Sampai tahun 2004,
McDonald’s memiliki 30.000 rumah makan di 121 negara dunia. Dengan
jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang. CEO Mc Donald’s, Jack M.
Greenberg, adalah anggota Kehormatan Kamar Dagang dan Industri
Amerika-Israel (Israel-Amerika Chamber of Commerce). McDonald
Corporation adalah perusahaan yang ikut menyumbang besar terhadap
ekonomi dan diplomatik Israel.
Menurut
Chicago Jewish Community Online (situs web milik Dana Serikat Yahudi
Chicago), Markas Besar McDonalds Corporation yang berpangkalan tepat di
luar Chicago adalah mitra bisnis Serikat Dana Yahudi (Jewsih United
Fund) dan Federasi Yahudi (Jewish Federation).
Salah
satu tujuan JUF adalah untuk menjaga dukungan militer, ekonomi dan
diplomatik dari Amerika serikat, mengawasi dan jika diperlukan
mengontrol pemberitaan media atas Israel.
McDonald’s
pernah mengumumkan penutupan operasinya di Timur Tengah karena
kehilangan pendapatan sebagai akibat seruan boikot (bulan Oktober 2002),
dan menggantikan Greenberg sebagai Ketua dan CEO (pada Desember 2002).
Sejak seruan dan kampanye boikot terjadi, dua dari enam waralabanya di
Yordania tutup karena bangkrut. Di Mesir, McDonald’s memutuskan untuk
mengubah nama mereknya menjadi Manfoods terakhir bulan Maret, akibat
seruan boikot.
Hak
lisensi McDonald’s Indonesia adalah Bambang Rachmadi, salah seorang
menantu mantan wapres Indonesia, Soedarmono. Counter McD pertama dibuka
pada Februari 1991, di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta.
Director of Marketing and Comunication McDonald’s Indonesia, Family
Restaurants, Dian H. Supolo dalam wawancara dengan majalah MIX
mengatakan,. sejak beroperasi tahun 1991, McD kini sudah memiliki 106
outlet.
Delta Galil Industries Ltd
Delta
Galil merupakan salah satu dari perusahaan-perusahaan tekstil Israel
terbesar. Pendiri, dan pemegang saham utama perusahaan ini, Dov Lautman,
merupakan sekutu dekat Presiden Israel Ehud Barak.
Didirikan
tahun 1975 dan berbasis di Tel Aviv, Israel, Delta Galil beroperasi
(terutama) di Amerika Serikat, Kanada, Eropa dan Israel.
Delta
Galil Industries, Ltd, dikenal sebagai perusahaan global produsen dan
inovatif fashions terkemuka di dunia. Menurut Wright Reports, anak
perusahaannya meliputi; desain, manufaktur, dan pemasaran pakaian
wanita, pakaian dalam laki-laki, kaus kaki, kaos, babywear, leisurewear,
termasuk pakaian tidur. Menurut Wright Reports juga, Delta Galil
memiliki pengecer utama; diantaranya Marks and Spencer, Victoria’s
Secret, Kmart, JC Penney, Carrefour, Hema, Wal-mart, dan Mervyn’s.
Jenis
produk perusahaan ini termasuk; sepatu Nike, Reebok, Converse, Calvin
Klein, Gap, Boss, Ralph Lauren, Banana Republic, Bauer, Wrangler, Redup,
Old Navy Dockers, Celio, J. Crew, JC Penney, Caterpillar, Lou Riders,
Pryca, Hema, Auchan, Lindex, Tchibo Tati, Kolombia.
Toko
pengecernya yang sudah mulai menjamur di Indonesia adalah Carrefour.
Supermarket internasional berkantor pusat di Perancis dan merupakan
kelompok ritel kedua terbesar setelah Wal-Mart.
Philip Morris
Philip
Morris adalah perusahaan rokok asal Amerika Serikat (AS). Perusahaan
ini bernaung di bawah grup Altria, Swiss yang memproduksi makanan dan
minuman. Phillip Morris telah mendermakan 12% beruntung untuk Israel
dari uang yang diserap kaum Muslim dengan total nilai $800 juta. Dengan
rata-rata margin keuntungan sehari sebesar 10%, atau $80 juta sehari ,
maka, $9.6 juta uang dari umat Islam itu diberikan ke Israel.
Perusahaan
raksasa rokok dunia asal Amerika Serikat (AS) itu kemudian mengambil
alih 40% saham perusahaan rokok swasta nasional Sampoerna Tbk. Judi
Richards, juru bicara Sampoerna kepada pers pernah mengatakan, Produsen
rokok Marlboro ini membeli Sampoerna dengan harga 5,2 milyar dolar atau
sekitar 48 trilyun rupiah.
Produk-produk
di bawah paying Philip Morris adalah; Marlboro, Merit, L&M, Lark,
Winston, Gold Cost, Côte d’Or, Philadelphia, Polo, Milka, Malabar,
Marabou, Prince, Benson & Hedges dan West.
Estée Lauder
Estée
Lauder, bermula dari perusahaan rumahan yang didirikan pada 1946
bersama suami tercinta, Joseph, Estée Lauder Cosmetics (ELC) dan menjadi
salah satu kerajaan kosmetik terbesar di dunia dengan penjualan US$ 3,6
miliar pada 1996. Menurut riset pasar NPD Beauty Trends, empat parfum
mahal terlaris adalah keluaran ELC. Untuk tata rias (maskara, lipstik,
foundation, dan sebangsanya) kelas atas, 7 dari produk top ten juga
buatan ELC. Dipasarkan di 118 negara, produk ELC bahkan mengalahkan
Shiseido di kandangnya sendiri, Jepang. Di Eropa Timur dan Rusia, nama
Estée Lauder diakui sudah sebeken Coca-Cola.
Direktur
Estée Lauder, Ronald Lauder, juga salah seorang Ketua Konferensi dari
Presiden Organisasi Yahudi-Amerika. Sekarang, presiden Dana Nasional
Yahudi (Jewish National Fund).
Selain
dikenal seorang Zionis, Ronald Lauder, dikenal aktif di beberapa
organisasi Yahudi. Diantaranya; the Conference of Presidents of Major
American Jewish Organizations, the Jewish National Fund, the World
Jewish Congress, the American Jewish Joint Distribution Committee, the
Anti-Defamation League Foundation, the Jewish Theological Seminary,
Brandeis University, dan the Abraham Fund. Lembaga dana ini dikenal
membiayani Israel dan merampas tanah rakyat Palestina.
Jika
kemudian Israel bisa menaburkan senjata ‘memburu’ dan menembak
anak-anak dan wanita Palestina atau Libanon, boleh jadi sumbangan besar
para perusahaan raksasa ini. Pertanyaanya, “Masihkah kita semua masih
merasa nyaman membelinya
Starbucks Cofee
Direktur
Starbucks, Howard Shultz, dikenal seorang aktifis Zionis. Tahun 1998
dia telah dimuliakan oleh Jerusalem Fund of Aish HaTorah dengan
penghargaan “Israel 50th Anniversary Friend of Zion Tribute Award” atas
usahanya terhadap “memainkan tugas pokok dalam memajukan persekutuan
seksama antara Amerika Serikat dan Israel”.
Sebagaimana
diketahui, Jerusalem Aish HaTorah pernah membiayai pekan raya
persenjataan Israel yang diketuai oleh seorang peristiwa “penjagal
Jenin”, Jenderal Shaul Mofaz.
Di
saat banyak perusahaan lain mati-matian menarik diri dari Israel,
Starbucks justru memutuskan menolong ekonomi Israel yang sedang krisis
dan menanam modal dengan Israel konglomerat Delek Group untuk membuka
counter Starbucks di Israel (Shalom Coffee Co).
News Corporation
News
Corporation adalah raksasa di dunia media milik Rupert Murdoch
berinvestasi besar di Israel. Pada 25 Juni 2001, News Corp adalah satu
dari 3 perusahaan yang mendapat pujian atas dukungannya kepada Israel
dalam America-Israel League Partners for Democracy Award Dinner. Murdoch
sendiri menjadi wakil penyelenggara acara tersebut.
Group
News Corp adalah; Fox TV Network (85 persen saham dimiliki News Corp),
20th Century Fox Films, Fox Kids, Sky TV Network, Star TV Network (kini
masuk Indonesia dengan membeli beberapa persen saham ANTV), National
Geographic (Journal & TV), News of the World, the Sun, The Times,
The Sunday Times, The Telegraph, Gold Coast Bulletin, Herald Sun,
Independet Newspaper Ltd, Newsphotos, Sunday Herald, Sunday Mail,
Amerika: The New York Post, Harper Collins Book Publisher, Ragan Books,
Zondervan, Nursery World, Rawkus, NDS, Mushroom Records, ChinaByte.com,
Festival Records.
Klub Sepak Bola Arsenal
Maret
2006, Innovative Minds dan lembaga HAM Islam (the Islamic Human Rights
Commission) melakukan kampanye mamboikot klub sepak bola Arsenal
(Arsenal Football Club) atas keterlibatannya dalam mempromosikan Israel
sebagai tempat tujuan wisata.
Innovative
Minds (Inminds), mencatat, 26 Februari 2006, di Hotel David
Intercontinental, Tel Aviv Arsenal FC telah menandatangani sponsorship
untuk mempromosikan Israel sebagai daerah tujuan wisata. Dengan nilai
sebesar £ 350.000 (sekitar Rp 5,9 miliar), perjanjian bertajuk ‘”tujuan
perjalanan resmi dan eksklusif” Israel Arsenal’.
Menurut
harian terbesar di Tel Aviv, Haaretz,dengan traktat (perjanjian) ini,
Israel diyakini bakal mendulang untung besar atas promo ini. Bayangkan
saja, karena efek yang muncul, program “Visit Israel” juga
dipublikasikan di situs www.arsenal.com dan majalah klub. Selain
advertorial, publikasi akan disalurkan lewat profil dan artikel lainnya
sebanyak enam kali atau di setiap dua edisi. Lainnya, Israel bebas
menggunakan database, foto-foto tim, dan pemain serta logo klub. Israel
juga memasang fitur digital pada layar LCD tinggi berukuran 450 di
stadion.
Iklan-iklan
yang ditayangkan di televisi diperkirakan akan menjangkau pendengar
sampai 700 juta di 198 negara-negara. Kementerian pariwisata Israel juga
akan menerima hak milik intelektual, penggunaan logo klub dan hak untuk
gunakan foto dari regu, termasuk pemain-pemain dalam iklan. Untuk suatu
pembayaran tambahan, para pemain Arsenal juga akan ditampilkan dalam
iklan.
Perjanjian
tidak serta-merta menghentikan promosi Israel tetapi benar-benar
memberikan kehadiran fisik Israel di stadion. Kementerian Pariwisataan
Israel bahkan bisa bisa memakai aula stadion selama dua kali dalam
setahun. Termasuk bisa mengorganisasikan pameran pada setiap akhir musim
kompetisi. Stadion juga akan menampilkan meja penjualan kaos.
Dengan
tekanan dunia (boikot) terhadap Israel sebagai tujuan wisatawan,
Menteri Pariwisata Israel Abraham Hirchson mempekerjakan penasehat
keuangan ternama dunia, Ernst & Young untuk membantu dan
mengembangkan strategi baru untuk membujuk dan menarik perhatian orang
agar bisa datang ke Israel. Dia menaksir, transaksi sponsor akan membawa
di lagi 2 juta wisatawan datang ke negeri Yahudi itu setiap tahunnya.
[dikutip Jerusalem Post, 27 Feb 2006, “Israel scores Arsenal
sponsorship” ]
Uzi
Gafni adalah salah seorang pejabat kementerian pariwisata Israel. Ia
menjelaskan alasan mengapa Israel memilih Arsenal dan bukan klub lain
sebagai partner kerjasama untuk mempromosikan pariwisata negaranya.
Israel memilih Arsenal karena koneksi Yahudi yang kuat dalam tubuh klub
ini.
Wakil
Presiden dan Direktur Utama David Dein, Kepala Pelaksana Keith Edelman;
dan Direktur Keuangan Danny Fiszman berdarah Yahudi. Sebelumnya, Israel
sempat mengajukan proposal kepada Juventus dan AC Milan (keduanya
adalah klub sepakbola liga Italia serie A). Proposal yang diajukan
kepada Juventus terhalang bukit karang. Kementerian Pariwisata Israel
kalah bersaing dengan sebuah perusahaan minyak asal Libya bernama
Tamoil. Juventus lebih tertarik untuk menerima tawaran Tamoil yang
memang lebih menguntungkan. Di Milan, Israel kembali menemui jalan
buntu. Kementerian Pariwisata Israel bahkan sempat meminta Ariel Sharon
(mantan Perdana Menteri Israel) agar memanfaatkan kedekatannya dengan
Silvio Berlusconi (owner AC Milan yang juga mantan Perdana Menteri
Italia) untuk mendesak salah satu klub terbaik di dunia itu, agar mau
mempromosikan pariwisata Israel. Namun, AC Milan tetap menolak.
Haaretz,
sebuah surat kabar Israel mengutip pernyataan Uzi Gafni yang
mengatakan, “Aku membutuhkan orang yang memiliki pertalian dengan
Yahudi. Mungkin Edelman tidak pergi ke sinagog (tempat ibadah orang
Yahudi) setiap hari Jum’at. Namun ia dan yahudi-yahudi lain di Arsenal
adalah orang-orang yang sangat bersahabat dan selalu siap membantu
Israel.”[diolah oleh www.hidayatullah.com]
sumber : GFI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar